Selamat Datang, di blog Healthy Food. Semoga Informasi yang di dapatkan Bermanfaat. BY: Ayu Pramudita Wardani

29 April 2016

Indikator Mutu Pelayanan Kesehatan

         A.    Pelayanan Gawat Darurat
    Indikator         :
1.      Kemampuan menangani life saving anak dan dewasa
2.      Jam buka Pelayanan Gawat Darurat
3. Pemberi pelayanan gawat darurat yang bersertifikat yang masih berlaku BLS/PPGD/GELS/ALS
4.      Ketersediaan tim penanggulangan bencana
5.      Waktu tanggap pelayanan Dokter di Gawat Darurat
6.      Kepuasan Pelanggan
7.      Kematian pasien< 24 Jam
8.      Khusus untuk RS Jiwa pasien dapat ditenangkan dalam waktu ≤ 48 Jam
9.      Tidak adanya pasien yang diharuskan membayar uang muka

                 B.     Pelayanan Rawat Jalan
             Indikator         :
1.      Dokter pemberi Pelayanan di Poliklinik Spesialis
2.      Ketersediaan Pelayanan klinik anak, penyakit dalam, kebidanan dan klinik bedah
3.      Ketersediaan Pelayanan di RS Jiwa
4.      Jam buka pelayanan
5.      Waktu tunggu di rawat jalan
6.      Kepuasan Pelanggan
7.      a. Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskop TB
       b. Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di RS
               C.     Pelayanan Rawat Inap
             Indikator         :
1.      Pemberi pelayanan di Rawat Inap
2.      Dokter penanggung jawab pasien rawat inap
3.      Ketersediaan Pelayanan Rawat Inap
4.      Jam Visite Dokter Spesialis
5.      Kejadian infeksi pasca operasi
6.      Kejadian Infeksi Nosokomial
7.      Tidak adanya kejadian pasien jatuh yang berakibat kecacatan / kematian
8.      Kematian pasien > 48 jam
9.      Kejadian pulang paksa
10.  Kepuasan pelanggan
11.  Rawat Inap TB
a. Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskopis TB
b. Terlaksanana kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di Rumah Sakit 
12.   Ketersediaan pelayanan rawat inap di rumah sakit yang memberikan pelayanan jiwa
13.  Tidak adanya kejadian kematian pasien gangguan jiwa karena bunuh diri
14.  Kejadian re-admission pasien gangguan jiwa dalam waktu ≤ 1 bulan
15.  Lama hari perawatan Pasien gangguan jiwa
D. Pelayanan Bedah Sentral
Indikator         :
1.      Waktu tunggu operasi elektif
2.      Kejadian Kematian di meja operasi
3.      Tidak adanya kejadian operasi salah sisi
4.      Tidak adanya kejadian opersi salah orang
5.      Tidak adanya kejadian salah tindakan pada operasi
6.      Tidak adanya kejadian tertinggalnya benda asing/lain pada tubuh pasien setelah operasi
7.      Komplikasi anestesi karena overdosis, reaksi anestesi, dan salah penempatan anestesi endotracheal tube
E.     Pelayanan Persalinan, Perinatologi
Indikator         :
1.      Kejadian kematian ibu karena persalinan
2.      Pemberi pelayanan persalinan normal
3.      Pemberi pelayanan persalinan dengan penyulit
4.      Pemberi pelayanan persalinan dengan tindakan operasi
5.      Kemampuan menangani BBLR 1500 gr – 2500 gr
6.      Pertolongan persalinan melalui seksio cesaria
7.      Keluarga Berencana
a.       Presentase KB (vasektomi & tubektomi) yang dilakukan oleh tenaga Kompeten dr.Sp.Og, dr.Sp.B, dr.Sp.U, dr.umum terlatih
b.      Presentse peserta KB mantap yang mendapat konseling KB mantap bidan terlatih
8.      Kepuasan Pelanggan
F.      Pelayanan Intensif
Indikator         :
1.      Rata rata pasien yang kembali ke perawatan intensif dengan kasus yang sama < 72 jam
2.      Pemberi pelayanan Unit Intensif
G.    Pelayanan Radiologi
Indikator         :
1.      Waktu tunggu hasil pelayanan thorax foto
2.      pelaksana ekspertisi
3.      Kejadian kegagalan pelayanan Rontgen
4.      Kepuasan pelanggan
H.    Pelayanan Lab. Patologi Klinik
Indikator         :
1.      Waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium
2.      Pelaksana ekspertisi
3.      Tidak adanya kesalahan pemberian hasil pemeriksa laboratorium
4.      Kepuasan pelanggan
I.       Pelayanan Rehabilitasi Medik
Indikator         :
1.      Kejadian Drop Out pasien terhadap pelayanan Rehabilitasi Medik yang di rencanakan
2.      Tidak adanya kejadian kesalahan tindakan rehabilitasi medik
3.      Kepuasan pelanggan
J.       Pelayanan Farmasi
Indikator         :
1.      waktu tunggu pelayanan
a. Obat Jadi
b. Racikan
2.      Tidak adanya Kejadian kesalahan pernberian obat
3.      Kepuasan pelanggan
4.      Penulisan resep sesuai formularium
K.    Pelayanan Gizi
Indikator         :
1.      Ketepatan waktu pemberian makanan kepada pasien
2.      Sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien
3.      Tidak adanya kejadian kesalahan pemberian diet
L.     Pelayanan Transfusi Darah
Indikator         :
1.      Kebutuhan darah bagi setiap pelayanan transfusi
2.      Kejadian reaksi transfusi
M.   Pelayanan GAKIN
Indikator         :
1.      Pelayanan terhadap pasien GAKIN yang datang ke RS pada setiap unit pelayanan
N.    Pelayanan Rekam Medik
Indikator         :
1.      Kelengkapan pengisian rekam medik 24 jam setelah selesai pelayanan
2.      Kelengkapan Informed Concent setelah mendapatkan informasi yang jelas
3.      Waktu penyediaan dokumen rekam medik pelayanan rawat jalan
4.      Waktu penyediaan dokumen rekam medik pelayanan rawat inap
O.    Pelayanan Pengelolaan Limbah
Indikator         :
1.      Baku mutu limbah cair
2.      Pengelolaan limbah padat infeksius sesuai dengan aturan
P.      Pelayanan Administrasi dan Manajemen
Indikator         :
1.     Tindak lanjut penyelesaian hasil pertemuan direksi
2.     Kelengkapan laporan akuntabilitas kinerja
3.     Ketepatan waktu pengusulan kenaikan pangkat
4.     Ketepan Waktu pengurusan gaji berkala
5.     Karyawan yang mendapat pelatihan minimal 20 jam setahun
6.     Cost recovery
7.     Ketepatan waktu penyusunan laporan keuangan
8.     Kecepatan waktu pemberian informasi tentang tagihan pasien rawat inap
9.     Ketepatan waktu pemberian imbalan (insentif) sesuai kesepakatan waktu
Q.    Pelayanan Ambulance atau Kereta Jenazah
Indikator         :
1.      Waktu pelayanan ambulance/Kereta jenazah
2.      Kecepatan memberikan pelayanan ambulance/Kereta jenazah di rumah sakit
3.      Response time pelayanan ambulance oleh masyarakat yang membutuhkan
R.     Pelayanan Pemulasaraan Jenazah
Indikator         :
1.      Waktu tanggap (response time) pelayanan pemulasaraan jenazah
S.      Pelayanan Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit
Indikator         :
1.       Kecepatan waktu menanggapi kerusakan alat
2.       Ketepatan waktu pemeliharaan alat
3.       Peralatan laboratorium dan alat ukur yang digunakan dalam pelayanan terkalibrasi tepat waktu sesuai dengan ketentuan kalibrasi
T.      Pelayanan Laundry
Indikator         :
1.      Tidak adanya kejadian linen yang hilang
2.      Ketepatan waktu penyediaan linen untuk ruang rawat inap
U.    Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
Indikator         :
1.      Ada anggota Tim PPI yang terlatih
2.      Tersedia APD di setiap instalasi/ departemen
3.      Kegiatan pencatatan dan pelaporan infeksi nosokomial / HAI (Health Care Associated Infection) di RS (min 1 parameter)


0 komentar:

Posting Komentar

 

My Everything Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang